SEJARAH

VISI MISI

VISI

""

MISI

SEJARAH KEPALA DINAS PSDA

  • 1990


    1995

    Ir. Maman Gantina, Dipl. H.E


    KDPU PENGAIRAN PROP. DT. I JABAR

  • 1995


    2001

    Ir. Tjetjep Sudjana


  • 2001


    2003

    Ir. Apun Affandi, M.Sc


  • 2003


    2004

    Ir. Maksun Hidayat, S, Dipl. HE


  • 2004


    2007

    Ir. H. Darmawan Puwasasmita, Dipl. HE


  • 2007


    2009

    Iding Srihadi Adiwinata, ME


    NIP. 19511105 198110 1 001

  • 2010


    2010

    DR. Ir. Sjaefuddin Mamun, MT., M.Si


    NIP. 19520820 198103 1 006

  • 2012


    2014

    Ir. Deddy Mulyadi


    NIP. 19580827 198603 1 014

  • 2014


    2016

    Dr. Ir. Supriyatno, MM


    NIP. 19600602 198603 1 005

  • 2014


    2016

    Ir. Eddy I.M Nasution, Dipl, SE, MT


    19600803 199003 1 005

  • 2016


    Sekarang

    Nana Nasuha Djuhri, Sp


    19581223 198211 1 002

TUPOKSI

Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Tugas Pokok, Fungsi, Rincian Tugas Unit Dan Tata Kerja Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat. Dinas mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan Daerah bidang sumber daya air berdasarkan asas otonomi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Dinas mempunyai fungsi :

  1. Penyelenggaraan perumusan kebijakan teknis pengelolaan sumber daya air;
  2. Penyelenggaraan pembinaan pelaksanaan teknis sumber daya air yang meliputi, pembinaan perekayasaan, pembinaan konstruksi, pembinaan operasi dan pemeliharaan, serta pembinaan pemanfaatan sumber daya air;
  3. Penyelenggaraan fasilitasi dan sistem investasi pengusahaan sumber daya air;
  4. Penyelenggaraan saran pertimbangan teknis pemanfaatan air dan sumber air serta pelaksanaan pelayanan umum pengelolaan sumber daya air;
  5. Penyelengaraan fasilitasi pelaksanaan pengelolaan sumber daya air;
  6. Penyelenggaraan pengawasan, pengendalian dan evaluasi pengelolaan sumber daya air;
  7. Penyelenggaraan tugas-tugas sekretariat;
  8. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air
Provinsi Jawa Barat

 Tugas dan Fungsi Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas pokok merumuskan, menetapkan, memimpin, mengkordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan tugas pokok Dinas serta mengkordinasikan dan membina UPTD

Dalam menyelenggarakan tugas pokoknya Kepala Dinas mempunyai fungsi :
  1. Penyelenggaraan perumusan, penetapan, pengaturan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan rekayasa teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, serta manfaat;
  2. Penyelenggaraan perumusan dan penetapan kebijakan rekayasa teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, serta manfaat;
  3. Penyelenggaraan fasilitasi pengelolaan sumber daya air meliputi rekayasa teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, serta manfaat;
  4. Penyelenggaraan koordinasi dan kerjasama dalam rangka tugas pokok dan fungsi Dinas;
  5. Penyelenggaraan koordinasi dan pembinaan UPTD
Rincian Tugas Kepala Dinas
  1. Menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian tugas pokok dan fungsi Dinas;
  2. Menyelenggarakan penetapkan kebijakan teknis Dinas sesuai dengan kebijakan umum;
  3. Menyelenggarakan penetapkan program kerja dan rencana pembangunan pengelolaan sumber daya air ;
  4. Menyelenggarakan fasilitasi yang berkaitan dengan kesekretariatan, rekayasa teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, serta manfaat;
  5. Memberikan saran pertimbangan dan rekomendasi kepada Gubernur dalam pengelolaan sumber daya air sebagai bahan penetapan kebijakan umum;
  6. Menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi dan lembaga terkait lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan Dinas;
  7. Mengkoordinasikan penyusunan rencana strategis laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP), LKPJ dan LPPD Dinas yang meliputi kesekretariatan, bidang rekayasa teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, serta manfaat;
  8. Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  9. Menyelenggarakan koordinasi dengan badan koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah dalam pelaksanaan tugas di Kabupaten / Kota;
  10. Menyelenggarakan koordinasi dan membina UPTD;
  11. Menyelenggarakan koordinasi dengan unit terkait;
  12. Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kepala Dinas

Tugas dan Fungsi Sekretariat

Rincian Tugas Sekretariat :
  1. Menyelengarakan pengkajian serta koordinasi perencanaan dan program Dinas;
  2. Menyelengarakan pengkajian perencanaan dan program sekretariat;
  3. Menyelengarakan pengkajian rencana strategis, laporan akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ dan LPPD Dinas;
  4. Menyelenggarakan pengolahan administrasi keuangan;
  5. Menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja;
  6. Menyelengaraka pengendalian administrasi belanja;
  7. Menyelenggarakan pengelolaan administrasi Kepegawaian;
  8. Menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  9. Menyelenggarakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  10. Menyelenggarakan penyusunan bahan rancangan pendokumentasian perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, protokol dan hubungan masyarakat;
  11. Menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan kearsipan;
  12. Menyelenggarakan pembinaan jabatan fungsional;
  13. Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  14. Menyelenggarakan penyusunan evaluasi dan laporan sekretariat;
  15. Menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  16. Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

 

Sekretariat, membawahkan :

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Program;
  2. Sub Bagian Keuangan;
  3. Sub Bagian Kepegawaian dan Umum.

 

Tugas dan Fungsi Sub Bagian Perencanaan dan Program

   Sub Bagian Perencanaan dan Program  mempunyai tugas pokok  melaksanakan koordinasi perencanaan dan penyusunan program. Dalam menyelenggarakan tugas pokok Sub Bagian Perencanaan dan Program mempunyai fungsi

  1. Pelaksanaan penyusunan bahan perencanaan dan program sekretariat;
  2. Pelaksanaan penyusunan bahan penyelengaraan koordinasi perencanaan dan program Dinas yang meliputi rekayasa teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, manfaat serta perencanaan pengelolaan sumber daya air regional;
  3. Pelaksanaan penyusunan bahan hasil koordinasi perencanaan dan program Dinas yang meliputi rekayasa teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, manfaat serta perencanaan pengelolaan sumber daya air regional;
  4. Pelaksanaan pengkoordinasian perencanaan dan program UPTD.
Rincian Tugas Sub Bagian Perencanaan dan Program :
  1. Melaksananakan penyusunan program kerja Subbagian Perencanaan dan Program ;
  2. Melaksanakan penyusunan perencanaan dan program sekretariat;
  3. Melaksanakan koordinasi penyusunan perencanaan dan program Dinas yang meliputi rekayasa teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, manfaat serta perencanaan pengelolaan sumber daya air regional;
  4. Melaksanakan penyusunan bahan perencanaan umum sumber daya air, meliputi kebijakan sumber daya air, kebijakan pengelolaan sumber daya air regional, pola dan rencana pengelolaan sumber daya air tiap wilayah sungai;
  5. Melaksanakan penyusunan bahan rencana strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ dan LPPD Dinas;
  6. Melaksanakan pengelolaan sistem informasi bidang pengelolaan sumber daya air;
  7. Melaksanakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Sub Bagian Sub Perencanaan dan Program;
  8. Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan;
  9. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  10. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Tugas dan Fungsi Sub Bagian Keuangan

   Sub Bagian Keuangan   mempunyai tugas pokok  melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan dilingkungan Dinas;

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan penyusunan bahan rencana anggaran belanja langsung dan tidak langsung Dinas;
  2. Pelaksanaan dan koordinasi pengelolaan teknis administrasi keuangan;
  3. Pelaksanaan koordinasi pengelolaan keuangan pada UPTD. 
Rincian Tugas Sub Bagian Keuangan :
  1. Melaksananakan penyusunan perencanaan dan program kerja Sub Bagian Keuangan;
  2. Melaksanakan penyusunan bahan dan penyiapan anggaran Dinas;
  3. Melaksanakan pengadministrasian dan pembukuan keuangan Dinas;
  4. Melaksanakan penyusunan pembuatan daftar gaji dan tunjangan daerah serta pembayaran lainnya;
  5. Melaksanakan perbendaharaan keuangan;
  6. Melaksanakan penyiapan bahan pembinaan administrasi keuangan;
  7. Melaksanakan penatausahaan belanja langsung dan belanja tidak langsung Dinas dan UPTD;
  8. Melaksanakan verifikasi keuangan;
  9. Melaksanakan Sistem Akuntasi Instansi (SAI) dan penyiapan bahan pertanggung jawaban keuangan;
  10. Melaksanakan dan koordinasi penyusunan bahan evaluasi dan pelaporan administrasi keuangan;
  11. Melaksanakan pengendalian administrasi perjalanan dinas pegawai;
  12. Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  13. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  14. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Tugas dan Fungsi Sub Kepegawaian dan Umum

   Sub Bagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas pokok Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, ketatalaksaan, umum dan perlengkapan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokoknya, Sub Bagian Kepegawaian dan Umum mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan penyusunan bahan penyelenggaraan mutasi, pengembangan karir, kesejahteraan dan disiplin pegawai, dan pengelolaan administrasi kepegawaian lainnya;
  2. Pelaksanaan penyusunan bahan penyelenggaraan pembinaan kelembagaan, ketatalaksanaan dan rumah tangga;
  3. Pelaksanaan administrasi, dokumentasi peraturaan perundang-undangan, kearsipan dan perpustakaan;
  4. Pelaksanaan tugas kehumasan dinas;
  5. Pengelolaan perlengkapan dinas.
Rincian Tugas Sub Bagian Kepegawaian dan Umum :
  1. Melaksanakan penyusunan perencanaan dan program kerja Sub Bagian Kepegawaian dan Umum;
  2. Melaksanakan penyusunan, pengolahan dan kepegawaian;
  3. Melaksanakan pengusulan gaji berkala dan peningkatan kesejahteraan pegawai dan jabatan di lingkungan Dinas;
  4. Melaksanakan penyiapan dan pengusulan pensiun pegawai, peninjauan masa kerja dan pemberian penghargaan serta tugas/izin belajar, pendidikan/pelatihan kepemimpinan teknis dan fungsional;
  5. Melaksanakan penyusunan bahan pembinaan disiplin pegawai;
  6. Melaksanakan penyiapan bahan pengembangan karir dan mutasi serta pemberhentian pegawai;
  7. Melaksanakan penyiapan bahan pembinaan kelembagaan dan ketatalaksanaan kepada unit kerja dilingkungan Dinas;
  8. Melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan;
  9. Melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat / naskah dinas dan arsip serta pengolahan perpustakaan;
  10. Melaksanakan penggandaan naskah dinas;
  11. Melaksanakan urusan keprotokolan dan penyiapan rapat;
  12. Melaksanakan pengolahan hubungan masyarakat, dan pendokumentasian;
  13. Melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana, pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/perawatan lingkungan kantor, kendaraan dan asset lainnya serta ketertiban, keindahan dan keamanan kantor;
  14. Melaksanakan pelaporan dan evaluasi kegiatan Sub Bagian Kepegawaian dan Umum;
  15. Melaksanakan pengelolaan kepegawaian pada UPTD;
  16. Melaksanakan pembinaan jabatan fungsional dinas dan UPTD;
  17. Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  18. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  19. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Sekretaris Dinas

Bidang
Rekayasa Teknik

Bidang
Konstruksi

Bidang
Operasi Dan Pemeliharaan

Bidang
Bina Manfaat

STRUKTUR ORGANISASI

PEJABAT

KEPALA DINAS


Nana Nasuha Djuhri, Sp.1

SEKRETARIS DINAS


ANDRI HERIYANTO ST., M.A.P

Kasubag Klik
  • Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan

    Bambang Imanudin, ST,.MT

    NIP. 19690416 200502 1 001

  • Kasubbag Keuangan dan Aset

    Drs. Dedy Prihadhi

    NIP. 19611012 198903 1 002

  • Kasubbag Kepegawaian dan Umum

    Dra. Lia Fauziah, M.AP

    NIP. 19660114 199603 2 001

Kepala Bidang

Kepala Bidang
Rekayasa Teknik


Eko Priastono, ST, MPPM
NIP 19650401 199803 1 003

Kepala Seksi
Bidang Rekayasa Teknik

Klik
  • Kasie Survey Investigasi

    Sumaji, ST., MT

    NIP. 19600515 198802 100 2

  • Kasie Perencanaan Irigasi

    Gemilang, ST.,MPSDA

    NIP. 19760825 200501 1 008

  • Kasie Perencanaan Sundawapan

    HENDI SUSILO SOFYAN, ST.,MPSDA

    NIP. 19740617 200801 1 005

Kepala Bidang
Konstruksi


Ir. Ni Luh Warni Astuti, MM
NIP 19600723 198903 2 001

Kepala Seksi
Bidang Rekayasa Teknik

Klik
  • Kasie Konstruksi Irigasi

    Didin Syamsudin, Sp

    NIP. 19610309 198703 1 007

  • Kasie Konstruksi Sundawapan

    Agus Wahyar, ST

    NIP. 19590815 198309 1 001

  • Kasie Tata Teknik

    Bambang Sumantri, ST, MT

    NIP. 19670729 199403 1 003

Kepala Bidang
Operasi Dan Pemeliharaan


ANDRI HERIYANTO ST., M.A.P
NIP 19690416 199903 1 005

Kepala Seksi
Bidang Rekayasa Teknik

Klik
  • Kasie Operasi dan Pemeliharaan Sundawapan

    Ir. Tati Komirawati

    NIP. 19631214 199301 2 001

  • Kasie Operasi dan Pemeliharaan Irigasi

    Dany Effendy Hidayat, ST., M.A.P

    NIP. 19720210 200212 1 003

  • Kasie Pengendalian Daya Rusak Air

    ELVAN ROBIYANA ST., M.Si., MPSDA

    NIP. 19791121 200212 1 004

Kepala Bidang
Bina Manfaat


Boy Iman Nugraha ST, MT
NIP 19650826 199403 1 005

Kepala Seksi
Bidang Rekayasa Teknik

Klik
  • Kasie Penatagunaan

    Surachman, BE

    NIP. 19600924 198302 1 002

  • Kasie Pengendalian dan Pemanfaatan

    Ir. Ida Suasaningsun, MT

    NIP. 19641012 199603 2 002

  • Kasie Kelembagaan

    Euis Hersini Barkah, ST

    NIP. 19610104 199103 2 001

Kepala Balai PSDA

Kepala Balai PSDA
WS Ciliwung - Cisadane


Ir. Azhari Dwikora, Sp.1
NIP 19641102 199012 1 002

Kepala Seksi
Balai Ciliwung - Cisadane

Klik
  • Kasubbag Tata Usaha Balai PSDA WS. Ciliwung - Cisadane

    Yadi Darma Priyanjaya, S.Sos., M.A.P

    NIP. 19680114 200212 1 004

  • Kasie Sundawapan

    Ir, Tri Suprijono

    NIP. 19600105 199803 1 001

  • Kasubbag Irigasi

    Wandi Yuswandi, ST

    NIP. 19731126 200312 1 001

Kepala Balai PSDA
WS Citarum


Apit Bachrul, ST, M.Si
NIP 19620425 199003 1 006

Kepala Seksi
Balai Citarum

Klik
  • Kasubbag Tata Usaha Balai PSDA WS. Ciliwung - Cisadane

    Mustariah, S.Sos

    NIP. 19640602 198912 2 001

  • Kasie Sundawapan

    Meizar, S.ST, MT

    NIP. 196301 25198902 1 001

  • Kasubbag Irigasi

    Iwan Sujawan, ST

    NIP. 196301 25198902 1 001

Kepala Balai PSDA
WS Cimanuk-Cisanggung


Toto Dwiyanto, SST, MT
NIP 19651002 199111 1 001

Kepala Seksi
Balai PSDA Cimanuk-Cisanggung

Klik
  • Kasubbag Tata Usaha Balai PSDA WS. Cimanuk-Cisanggung

    Wagino S.Kom

    NIP. 19730514 200701 1 002

  • Kasie Sundawapan

    Enjang Kuswaya, ST

    NIP. 19670203 199503 1 001

  • Kasubbag Irigasi

    Iman Winata, ST

    NIP. 19661121 199903 1 006

Kepala Balai PSDA
WS Cisadea-Cibareno


Iendra Sofyan, ST., M.Si
NIP 19720419 199803 1 007

Kepala Seksi
Balai PSDA Cisadea-Cibareno

Klik
  • Kasubbag Tata Usaha Balai PSDA WS. Cisadea-Cibareno

    Dedi Priadi S.Sos

    NIP. 19730309 200212 1 002

  • Kasie Sundawapan

    Ronald Hutauruk, ST

    NIP. 19651008 199303 1 004

  • Kasubbag Irigasi

    Ikbal Maulana, ST

    NIP. 19800217 200604 1 005

Kepala Balai PSDA
WS Citanduy


Teddy Maryadi, SST, Sp.1
NIP 19621222 198903 1 007

Kepala Seksi
Balai PSDA Citanduy

Klik
  • Kasubbag Tata Usaha Balai PSDA WS. Citanduy

    Drs. Dede Purwadi

    NIP. 19591030 198611 1 002

  • Kasie Sundawapan

    Iwan Sujawan, ST

    NIP. 196301 25198902 1 001

  • Kasubbag Irigasi

    Deni Darman, S.Sos

    NIP. 19601111 198912 1 001

Kepala Balai PSDA
WS Ciwulan-Cilaki


Dikky Achmad Sidik, ST, MT
NIP 19710813 199703 1 007

Kepala Seksi
Balai Balai PSDA Ciwulan-Cilaki

Klik
  • Kasubbag Tata Usaha Balai PSDA WS. Ciwulan-Cilaki

    Isom Saepudin, S.Sos., M.A.P

    NIP. 19660705 199601 1 001

  • Kasie Sundawapan

    Asep Tatang Effendy, ST

    NIP. 19610110 198302 1 007

  • Kasubbag Irigasi

    Ir. Andria Hendraningrat

    NIP. 19660519 199803 1 003

Kepala Balai
PUSDATIN SDA


Ir. Al Asyharry D.N
NIP 19600210 198903 1 008

Kepala Seksi
Balai Pusat Data dan Informasi Sumber Daya Air

Klik
  • Kasubbag Tata Usaha Balai Pusat Data dan Informasi Sumber Daya Air

    Emma Rochmuljati, S.Sos., M.Si

    NIP. 19640716 199303 2 005

  • Kasie Operasi dan Pengelolaan Data Sumber Daya Air

    Drs. Riyadi Dwiyana, M.Si

    NIP. 19611214 199301 1 001

  • Kasie Sistem Informasi Sumber Daya Air

    Lussie Musianty, ST, MPSDA

    NIP. 19780822 200604 2 009

ISU STRATEGIS

  1. Potensi sumber daya air di Jawa Barat yang besar belum dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang kegiatan pertanian, industri, dan kebutuhan domestik.

  2. Keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air dan sistem informasi sumber daya air dirasakan masih belum memadai.

  3. Bencana banjir dan kekeringan juga masih terus terjadi antara lain akibat menurunnya kapasitas infrastruktur sumber daya air dan daya dukung lingkungan serta tersumbatnya muara sungai karena sedimentasi yang tinggi.

  4. Kondisi jaringan irigasi juga belum memadai mengingat jaringan irigasi dalam kondisi rusak berat dan ringan masih sebesar 35% (pada Daerah Irigasi Kewenangan Provinsi).

  5. Rendahnya kualitas air sungai dan situ akibat kurangnya kepedulian dan perilaku pemakai air (Domestik, Permukiman, Industri) dalam membuang sampah dan limbah sumber air yang belum memenuhi ketentuan.

KEBIJAKAN DAN STRATEGI

Tuntasnya Pembangunan Waduk Jati Gede

Mendukung Perbaikan dan perluasan jaringan irigasi

Meningkatnya perlindungan dan pengelolaan situ, mata air, sungai dan pantai

Meningkatnya penyediaan air baku bagi masyarakat

Strategi

  • Meningkatkan Konservasi Sumber Daya Air

  • Meningkatkan Pendayagunaan Sumber Daya Air

  • Meningkatkan Pengendalian Daya Rusak Air

  • Meningkatkan Ketersediaan Air Baku

  • Meningkatkan Kualitas Air Sungai dan Sumber Air Lainnya

  • Meningkatkan kordinasi pengelolaan drainase dalam rangka pengendalian Banjir

TARGET DAN KEGIATAN STRATEGIS

  • Peningkatan Kondisi Jaringan Kewenangan Provinsi Sebesar 86% pada Tahun 2018

  • Mempertahankan Intensitas tanam di Daerah Irigasi Kewenangan Provinsi lebih besar dari 200%

  • Pembangunan Daerah Irigasi caringin di Wilayah Sungai Cisadea - Cibareno

  • Terpeliharanya Kondisi Sumber Air berupa situ / waduk, mata air dan sungai

  • Penanganan Kondisi darurat pada kejadian bencana alam yang menimpa infrastruktur sumber daya air dan irigasi

TARGET KINERJA DINAS