"Kepala Dinas SDA Jabar Linda Al Amin bersama Kabid Bina Konstruksi dan Kepala UPTD PSDA Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane berserta jajarannya menghadiri acara River Closure Pembangunan Bendungan Ciawi (Cipayung) yang terletak di Desa Cipayung, Desa Gadog, dan Desa Sukakarya Kec. Megamendung Kabupaten Bogor"

Kepala Dinas SDA Jabar Linda Al Amin bersama Kabid Bina Konstruksi dan Kepala UPTD PSDA Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane berserta jajarannya menghadiri acara River Closure Pembangunan Bendungan Ciawi (Cipayung) yang terletak di Desa Cipayung, Desa Gadog, dan Desa Sukakarya Kec. Megamendung Kabupaten Bogor. Selasa (03/02/2020).

Acara ini dibuka oleh Plt. Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Widiarto, Sp.1, dan dihadiri Bupati Bogor yang diwakili oleh Kadis PUPR Kab. Bogor, Kepala BBWS Ciliwung Cisadane, serta tamu undangan yaitu Kapolres Kab. Bogor, Dandim Kab. Bogor, Camat, para Tokoh Masyarakat, dan Mitra Kerja pelaksana pembangunan Bendungan Ciawi yang secara simbolis mencanangkan dimulainya pengalihan aliran sungai (river closure) Sungai Ciliwung ke saluran pengelak Bendungan Ciawi.

Dengan pengelakan aliran sungai dari sungai utama ke dalam terowongan pengelak menandai akan dimulainya pelaksanaan bangunan utama tubuh Bendungan Ciawi berupa pekerjaan urugan batu dengan inti tegak.

Kepala BBWS Ciliwung Cisadane dalam laporannya menyebut pembangunan Bendungan Ciawi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang berada di hulu Sungai Ciliwung, mulai dibangun sejak Desember 2016 dan berfungsi sebagai pengendali banjir Sungai Ciliwung, konservasi Sumber Daya Air dan pengembangan Pariwisata.

Bendungan yang mempunyai kapasitas tampung 6.45 juta m³ hingga kini progres kontruksi baru mencapai 45%. Hal ini disebabkan oleh kendala pembebasan lahan untuk pembangunan sebesar 78.83 Ha yang hingga saat ini progres pembebasan lahannya sebesar 66.1Ha (92%) dan target akan tuntas di akhir April 2020.