"KAB BANDUNG,- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil optimis sungai Citarum yang dulunya dinilai terkotor se-dunia menjadi salah satu tempat terindah di tanah air. Oleh karena itu, para pemimpin harus sering berkoordinasi dengan semua pihak agar visi Citarum Harum bisa direalisasikan dengan cepat. "

KAB BANDUNG,- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil optimis sungai Citarum yang dulunya dinilai terkotor se-dunia menjadi salah satu tempat terindah di tanah air. Oleh karena itu, para pemimpin harus sering berkoordinasi dengan semua pihak agar visi Citarum Harum bisa direalisasikan dengan cepat. 

"Komitmen saya ke depan akan sering mengadkan rapat-rapat untuk berkoordinasi melakukan perubahan bagi sungai Citarum,"katanya kepada wartawan di kawasan sungai Citarum Kabupaten Bandung, Rabu (26/9/2018) 

Gubernur Jabar juga berinsiatif melakukan pengecekan di seputar bantaran sungai Citarum. Hal itu, sesuai dengan visi misi Jabar Juara yang menyatakan bahwa apabila ditemukan permasalahan krisis lingkungan maka yang harus diprioritaskan adalah sungai Citarum. 

"Kita apresiasi karena kekompakan sudah mulai terlihat. Kepemimpinan juga mulai hadir sehingga bisa dikombinasikan antara kepemimpinan dan kekompakan. Saya sangat optimis kita aka ln melahirkan perubahan,"jelasnya

Memasuki musim kemarau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat termasuk satgas sungai Citarum akan melakukan pengerukan. Ia mengaku selama ini proses pengerukan masih belum maksimal karena jumlah alatnya masih sedikit. "Maka besok lusa saya akan mulai upayakan sesuai kebutuhan,"imbuhnya

Selanjutnya, Kang Emil sapaan Gubernur Jabar akan mewujudkan kawasasan Citarum sebagai tempat budaya lingkungan masyarakat. Dimulai dengan kerja sama para seniman yang diprakarsai oleh Tisna Sanjaya.

Selain itu, lanjut Kang Emil, pihaknya akan terus memperbaiki sungai Citarum dari hulu ke hilir. Bahkan, wacana penegakan hukum terus dilaksanakan sehingga tidak terjadi lagi aksi membuang sampah atau limbah ke sungai. 

Dia mengimbau bagi perusahaan yang berada di bantaran sungai Citarum baik dari level direksi sampai karyawannya turut membersihkan sampah yang mereka buang. 

"Diharapkan dalam hitungan bulan ke depan teman-teman wartawan bisa melihat tempat ini mejadi hal yang luar biasa,"pungkasnya (Pun)