"BANDUNG-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, dengan menggunakan perahu Katamaran melakukan peninjauan langsung Sungai Citarum di Sektor 6 Posko Satgas Citarum Harum di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/09)."

BANDUNG-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, dengan menggunakan perahu Katamaran melakukan peninjauan langsung Sungai Citarum di Sektor 6 Posko Satgas Citarum Harum di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/09).

Menurut Harto, progres kegiatan Citarum yang saat ini berlangsung sudah berjalan dalam waktu 6 bulan, dari pagi siang dan malam prajurit–prajurit Maung Siliwangi bersama dengan masyarakat bahu membahu mereka melaksanakan revitalisasi kembalinya sungai Citarum

“Kita lihat perubahan dinamika kehidupan di sepanjang Sungai Citarum sudah mengalami perubahan, kalau kita lihat di latar belakang ini masyarakat sudah mulai banyak beraktivitas diantaranya memancing atau mencari ikan. Mindset yang kita tanamkan untuk menjadikan Sungai sebagai serambi depan rumah kita ini sudah berjalan dengan baik," katanya.

Menurut Harto, kesadaran masyarakat sekitar bantaran sungai sudah cukup baik, ini terlihat dari sekitar 500 unit rumah yang berada di bantaran sungai mereka bongkar dengan kesadaran tanpa ada paksaan dan sekarang sepanjang bantaran menjadi terbuka, dan digunakan sebagai tempat bermain, tempat olah raga dan sarana hiburan masyarakat.

“Setelah dibongkar, kita lihat dinding sepanjang ini sedang kita percantik menjadi lukisan mural yang indah nantinya ikut mendampingi dari keindahan sepanjang sungai Citarum," ucapnya.

Harto berharap, sesuai Keppres 15 tentang Citarum yang berlaku 7 tahun, pihaknya berharap dalam 2 tahun ke depan sungai Citarum lebih baik, karenanya dirinya mengajak masyarakat kompak, semangat, serta meminta kesadaran para pelaku industri untuk  bisa mengendalikan limbahnya.

“Berbagai upaya terus dilakukan agar  sungai Citarum lebih baik, salah satunya secara paksa kita lakukan pengecoran saluran-saluran pembuangan limbah pabrik jika terbukti mereka membuang limbah tanpa melalui proses IPAL dengan baik," tegasnya. (Parno)