"BANDUNG-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan mengupayakan sungai Citarum kembali bersih. Salah satu caranya menata tata ruang secara berkelanjutan."

BANDUNG-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan mengupayakan sungai Citarum kembali bersih. Salah satu caranya menata tata ruang secara berkelanjutan.

Hal itu disampaikan dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (6/9/2018).

Pria yang akrab disapa Emil itu menilai sungai Citarum terkenal sebagai sungai kotor. Bahkan, citra negatifnya itu sampai di dunia internasional dan dibahas oleh media asing.

"Citarum itu terkenal karena negatifnya. kami ingin cara baru. Lima tahun ke depan kembali bersih, dibantu dengan pemerintah pusat," katanya.

Salah satu agenda besarnya adalah memindahkan seluruh pabrik yang berada di sekitar citarum ke pusat industri di Majalengka. Ia mengakui hal itu tidak mudah, namun bisa terwujud dengan sinergitas seluruh stakeholder.

"Ini tidak mudah. tapi kalau bisa, sungai citarum akan kembali jadi kehormatan Jabar," tegasnya.

selain Citarum, ia menebar janji terkait percepatan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi. Ia mencontohkan bahwa pembangunan di kawasan Jabar selatan belum merata.

"Saya datang ke (Jabar) Selatan, kasihan. Untuk itu, kepada warga selatan kita akan membangun percepatan ekonomi," pungkasnya.

Untuk diketahui, soal pembenahan Sungai Citarum sudah beberapa kali dibahas, baik di tingkat pemerintah daerah maupun pusat. Pemerintah pusat membuat program anyar bernama Citarum Harum Bestari yang melibatkan semua daerah secara sistematis dan sinergi. (Pun)