"KAB. BANDUNG-Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan menilai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang diinisiasi oleh Kemenristekdikti, telah memperlihatkan perbaikan kualitas pencemaran air sungai di area-area yang menjadi lokasi KKN para mahasiswa."

KAB. BANDUNG-Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan menilai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang diinisiasi oleh Kemenristekdikti, telah memperlihatkan perbaikan kualitas pencemaran air sungai di area-area yang menjadi lokasi KKN para mahasiswa.

Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang kemaritiman, Safri Burhanuddin mengatakan, gebyar edukasi KKN Tematik di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Sektor 8 di Kabupaten Bandung telah memperlihatkan perbaikan kualitas pencemaran air sungai.

"Dengan peran para mahasiswa KKN, kami yakin dalam 1 atau 2 tahun ini sungai Citarum akan terjadi perubahan cepat," ucap Safri, di Kabupaten Bandung, Rabu (01/08). 

Safri menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi dengan adanya perubahan sungai Citarum dan mengucapkan terima kasih kepada Tim Kodam 3 Siliwangi yang bertugas dan telah bekerja baik sekali merangkul masyarakat dan adik-adik peserta KKN.
 
"Atas nama Menko Maritim, saya ucapkan terima kasih kepada Tim Kodam 3 Siliwangi yang bertugas dan telah bekerja baik sekali merangkul masyarakat dan adik-adik peserta KKN,” katanya.

Menurut Safri yang juga menjadi Sekretaris Dewan Pengarah Tim DAS Citarum, Kemenko Maritim mendorong penegakan hukum terhadap perusahaan maupun masyarakat yang terbukti melakukan pencemaran dengan sengaja, sehingga program tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Tahap berikutnya dari pengendalian pencemaran Citarum, bagaimana kita memperkuat penegakan hukum sehingga program tersebut bisa berjalan dengan baik," tegasnya. (Parno)