"BANDUNG-Sebagai bentuk penyadaran komunal semua elemen masyarakat Jawa Barat harus memiliki kesadaran dan perhatian yang sama dalam upaya pelestarian daerah aliran sungai (DAS) Citarum."

BANDUNG-Sebagai bentuk penyadaran komunal semua elemen masyarakat Jawa Barat harus memiliki kesadaran dan perhatian yang sama dalam upaya pelestarian daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Kodam III Siliwangi melakukan sosialisasi gerakan Citarum Harum Bestari kepada sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) yang terdiri dari FKPPI, AMS, GMBI, KNPI, HMI dan sebagainya.

"Kita melakukan sosialisasi dan Kapengdam selaku wakil satgas juga langsung melakukan sosialisasi ke berbagai pihak. Tadi pagi saja melakukan sosialisasi kepada pihak kampus beserta mahasiswanya,"kata Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan kepada wartawan di Graha Tirta Siliwangi Bandung, Sabtu (20/1/2018)

Kang Aher sapaan Gubernur Jabar menyebutkan Rencananya sosialisasi ini akan dilakukan secara masif termasuk akhir pekan. Tujuannya agar masyarakat bisa hadir dan mengikuti sosialisasi ini. Selain melakukan sosialisasi kepada sejumlah ormas, selanjutnya akan dilakukan kepada ormas Islam beserta para alim ulama.

"Makanya upaya sosialiasai ini terus dilakukan tanpa henti meskipun hari Sabtu dan Minggu,"ujar Aher.

Aher mengungkapkan, dengan masifnya sosialisasi Citarum Harum diharapkan berbagai elemen masyarakat menyepakati untuk melakukan gerakan bersama menghadirkan Citarum bersih dan harum di masa yang akan datang. 

"Tentu langkah ini sebagai bentuk penyadaran komunal semua elemen masyarakat Jawa Barat,"ungkap Aher.

Peran ormas sendiri, lanjut Aher bisa berbentuk langsung seperti konservasi maupun peran sebagai upaya penyadaran kepada masyarakat termasuk bersama aparat hukum memberikan pengawasan kepada beberapa pihak yang selama ini membuang limbah.

"Ormas ini bisa berperan aktif dalam upaya mewujudkan Citarum Harum Bestari. Mereka bisa melakukan konservasi, penyadaran kepada masyarakat termasuk pengawasan bersama aparat hukum,"jelas Aher

Gubernur mengimbau kepada semua elemen masyarakat untuk terus membangun kesadaran dalam mewujudkan Citarum bersih. Dengan cara mengembalikan kembali DAS Citarum supaya aliran air kembali normal sehingga tidak menimbulkan banjir ketika memasuki musim penghujan. Begitupun sebaliknya ketika memasuki musim kemarau tidak mengalami kekeringan. 

"Yang penting mulai dari sekarang kita harus berkomitmen untuk tidak membuang apapun ke sungai,"pungkasnya (MAT)