"KARAWANG-Pemerintah Kabupaten Karawang bersama Tim Komandan Sektor Penanggulangan Sungai Citarum dari Kodam III Siliwangi menggelar Rapat & Sosialisasi Penataan Sungai Citarum di Lantai III Gedung Singaperbangsa yang dihadiri oleh Seluruh Muspida, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa/Lurah, Aktivis Lingkungan Hidup, Pencinta Lingkungan Karawang, Dll. "

KARAWANG-Pemerintah Kabupaten Karawang bersama Tim Komandan Sektor Penanggulangan Sungai Citarum dari Kodam III Siliwangi menggelar Rapat & Sosialisasi Penataan Sungai Citarum di Lantai III Gedung Singaperbangsa yang dihadiri oleh Seluruh Muspida, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa/Lurah, Aktivis Lingkungan Hidup, Pencinta Lingkungan Karawang, Dll. 

Dalam Kegiatan ini Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana memberikan arahannya kepada seluruh instansi Pemerintah agar turut serta dalam penataan sungai Citarum serta mensukseskan program Citarum Harum petunjuk langsung dari bapak Presiden Joko Widodo.

"Saya minta agar para Kepala SKPD ini ikut serta dalam penataan sungai Citarum serta mensukseskan program Citarum Harum arahan langsung dari Presiden", tuturnya, Kamis (18/1).

Selanjutnya ia juga meminta langsung kepada Kepala Dinas LHK dan DPMPTSP agar menindak tegas kepada para perusahaan yang tidak bisa diajak bekerja sama dan tidak dapat mengelola limbahnya dapat diberikan sanksi tegas berupa pencopotan izin usaha dan menyegel perusahaannya.

"saya ingin perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Karawang agar dapat mengelola limbah pabriknya (khususnya yang berada di sepanjang daerah aliran sungai Citarum) jangan sampai membuang lagi limbah pabriknya ke sungai Citarum", tegas beliau.

Selanjutnya Bupati Karawang menjelaskan, bahwa dalam kegiatan rapat dan sosialisasi penataan sungai Citarum ini bukan hal lain karena dalam hasil rapat kemarin di Bandung, saya diperintahkan langsung oleh bapak Presiden untuk segera melakukan tindakan dan mensukseskan program Citarum Harum.

Kutipan perintah Presiden RI : "Saya memerintahkan seluruh jajaran Pemerintahan segera merevitalisasi Sungai Citarum. “Jangan ditunda-tunda lagi". Citarum sangat vital bagi hajat hidup masyarakat luas karena merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat. Penataan Sungai Citarum akan kita pakai sebagai contoh pengelolaan daerah aliran sungai di wilayah lain.

Target dalam tujuh tahun ke depan penataan sungai Citarum harus selesai. Saya minta seluruh jajaran pemerintahan baik pusat maupun daerah bekerjasama mulai dari penyiapan konsep, pelaksanaan, hingga pengawasan di lapangan dan kuncinya ada di integrasi semua kementerian, lembaga, pemerintah pusat, daerah, provinsi, kabupaten, dan kota".(Dien)