"BANDUNG-Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan menegaskan, presiden ikut turun tangan untuk menormalisasi Sungai Citarum dengan segera mengeluarkan peraturan presiden ( Perpres). Sebelum mengeluarkan Perpres, presiden dan jajaran menteri terkait akan melakukan rapat koordinasi di Bandung, Selasa malam ini (16/1)."

BANDUNG-Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan menegaskan, presiden ikut turun tangan untuk menormalisasi Sungai Citarum dengan segera mengeluarkan peraturan presiden ( Perpres). Sebelum mengeluarkan Perpres, presiden dan jajaran menteri terkait akan melakukan rapat koordinasi di Bandung, Selasa malam ini (16/1).

"Secepatnya Perpres akan ditandatangani, jadi per 1 Februari, atau bulan depan presiden bisa mencanangkan program penyelamatan Citarum," ujar Menteri Luhut di Gedung Sate, Selasa (16/1).

Hadir dalam pertemuan di Gedung Sate selain Luhut hadir juga Menkopolhukam Wiranto dan Wagub Jabar Deddy Mizwar.

Ia mengatakan, hal ini menunjukan keseriusan pemerintah untuk menjadikan Citarum sebagai sungai terbersih, bukan lagi sebagai sungai terkotor di Indonesia bahkan dunia. 

Namun menurutnya, hal itu akan bisa terealisasi jika semua pihak ikut berpartisipasi aktif, mulai dari pemerintah, masyarakat, komunitas dan kalangan industri serta akademisi.

"Tidak perlu kecil hati, sungai Rhein di Jerman dulu kotor sekali, namun akhirnya bisa menjadi sungai terbersih. Jadi bisa dilakukan asal semua ikut mendukung," tegasnya.

Terkait pembiayaan, menurutnya semua kementerian akan terlibat sesuai tupoksinya, bahkan dana triliunan rupiah sudah disiapkan. Ia yakin dalam lima tahun kedepan Citarum akan kembali bersih. Jo