"Provinsi Jabar masuk dalam lima besar lomba operasional dan pemeliharaan daerah irigasi teladan tingkat nasional."

SEMARANG – Provinsi Jabar masuk dalam lima besar lomba operasional dan pemeliharaan daerah irigasi teladan tingkat nasional.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jabar Nana Nasuha Djuhri mengatakan, kompetisi tersebut sekaligus menjadi upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas kinerja SDM sumber daya air. ‘’Masih ada penilaian lapangan atau visitasi mudah-mudahan Jabar bisa meraih juara.

Yang pasti di tahapan ini Jabar masuk di lima besar,’’ ujar Nana Nasuha, Kamis (20/7). Untuk lima besar daerah irigasi teladan tingkat nasional ada Serayu Jateng, Seuseupan Jabar, Pemali Jateng Molek Jatim, dan Wowotoli. Sementara untuk UPT tingkat nasional ada Jatim, Jateng, Jabar, Sulteng, dan Yogyakarta.

Sedangkan untuk lima besar sarasehan juru atau mantri tingkat nasional berasal dari Juru Jateng, Jatim, Jabar, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Yogyakarta. ‘’Beberapa kriteria penilaian dari pusat diantaranya seperti inovasi yang sudah dikembangkan lalu bagaimana integrasi sistem pembagian air dengan teknologi informasi, kelembagaan, dan lainnya. Banyak kriteria dan kita harus menyiapkannya karena masih ada tahapan visitasi,’’imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Direktorat Jenderal Sumberdaya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Agung Juwartono menyebut, kondisi infrastruktur sumber daya air baik bendungan maupun irigasi membutuhkan perhatian dan komitmen serius dari pemerintah.

Peserta dari Jawa Barat

Juara 2 Pemilihan Daerah Irigasi Seseupan Kab. Cirebon diwakili langsung oleh Kadis SDA Bpk Nana Nasuha Djuhri, Sp.1

Juara 3 Pemilihan Juru Teladan OP Irigasi oleh Suhahan, Juru dari Daerah Irigasi Katiga Kab. Kuningan

Juara 3 Pemilihan Pengamat Teladan OP Irigasi oleh Abd. Muhyi Pengamat dari Daerah Irigasi Ciwaringin Kab. Cirebon

Lihat gambar