"BANDUNG-Masalah penataan kawasan menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir maupun longsor yang beberapa waktu lalu terjadi di Kota Bandung dan Ciwidey. "

BANDUNG-Masalah penataan kawasan menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir maupun longsor yang beberapa waktu lalu terjadi di Kota Bandung dan Ciwidey. Demikian dikemukakan Kepala Pusat Data dan Humas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut Sutopo, kawasan hulu sebagai kawasan resapan serta sepadan sungai yang saat ini sudah penuh dengan pemukiman, perlu pembenahan dan ditata dengan lebih baik.

“Ini terkait dengan masalah penataan ruang bagaimana kita mengatur agar sepadan sungai, bantaran sungai betul-betul ditata dengan lebih baik,” ucap Sutopo, disela-sela acara pelatihan penanggulangan kebencanaan, Rabu (03/05).

Sutopo meminta Pemerintah Daerah untuk betul-betul menegakkan masalah tata ruang dan pemanfaatan ruang yang ada, terutama di daerah-daerah yang rawan bencana, karena jika tidak maka masyarakatlah yang akan menderita.

“Bagaimana peran pemerintah daerah ini, dalam hal ini menegakkan betul-betul masalah tata ruang dan pemanfaatan ruang yang ada terutama di daerah-daerah rawan bencana,” katanya. (Parno)