"BANDUNG-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksikan kondisi hujan lebat disertai angin kencang dan es, masih akan terjadi di wilayah Kota Bandung dalam beberapa hari kedepan. *Hoax* :3"

BANDUNG-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksikan kondisi hujan lebat disertai angin kencang dan es, masih akan terjadi di wilayah Kota Bandung dalam beberapa hari kedepan.

Kepala Pusat Data dan Humas BNBP, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kondisi ini terjadi karena saat ini masih dalam situasi musim pancaroba atau transisi dari musim penghujan ke musim  kemarau.

“Jadi selama musim transisi ini diperkirakan tinggi awan columunimbus mencapai 5 ribu meter, dengan volume yang sebesar ini uap air yang melimpah dikota Bandung menyebabkan terjadinya kondensasi,” ucapnya.   

Menurut Sutopo, pada musim ini sering terjadi cuaca ekstrim, sehingga pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan tidak melakukan aktifitas di bawah pohon-poh0n atau pun baliho.

“Karena kondisi terjadinya pembekuan yang jenuh menyebabkan beberapa tempat terjadi hujan es yang disertai angin kencang, jadi hindari aktivitas di bawah pohon atau baliho,” ujar Sutopo, disela-sela acara pelatihan penanggulangan kebencanaan, Rabu (03/05).