"KAB. SUMEDANG-Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, meminta kepada instansi terkait untuk tidak memberikan izin pemanfaatan waduk melalui penanaman ikan dengan menggunakan keramba."

KAB. SUMEDANG-Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, meminta kepada instansi terkait untuk tidak memberikan izin pemanfaatan waduk melalui penanaman ikan dengan menggunakan keramba.

“Kita buat percontohan, dengan mengelola perairan umum oleh masyarakat sendiri dengan menanam ikan,” ucapnya.

Gubernur khawatir, dengan pemberian izin keramba terapung seperti di sejumlah bendungan lain di Jawa Barat, bisa berdampak pada kebersihan air serta pada kualitas air akan menurun.

“Kita tentu khawatir limbah perikanan akibat pakan berdampak pada biaya perbaikan turbin yang cepat rusak, berdampak pada alat-alat terkait pada bendungan itu akan semakin cepat rusak,” katanya.

Gubernur menyatakan, dengan cara seperti itu, masyarakat dibebaskan untuk mencari ikan di Waduk Jatigede ini sepuasnya dengan terlebih dahulu tentunya ditanami oleh Pemerintah Daerah.

“Kita sudah menanam sekitar 12 juta benih ikan, kemudian hari ini 5 juta ikan, dan kita meminta kepada Dinas Perikanan untuk setiap tahun menebar benih minimal 5 juta benih berbagai ikan,” tutur Gubernur, disela-sela acara peringatan Hari Air Dunia XXV Tingkat Jawa Barat yang dipusatkan di kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Kamis (27/4).