"KAB. SUMEDANG-Penataan dan Pemanfaatan kawasan Waduk Jatigede perlu dirumuskan bersama-sama antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Demikian dikemukakan Bupati Sumedang, Eka Setiawan."

KAB. SUMEDANG-Penataan dan Pemanfaatan kawasan Waduk Jatigede perlu dirumuskan bersama-sama antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Demikian dikemukakan Bupati Sumedang, Eka Setiawan.

“Langkah strategi, jalinan sinergis antara Kabupaten Sumedang dengan Pemerintah Provinsi Jabar perlu dilakukan untuk menata dan memanfaatkan Waduk Jatigede,” ucap Eka, dalam sambutannya di acara peringatan Hari Air Dunia XXV Tingkat Jawa Barat yang dipusatkan di kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Kamis (27/4).

Eka berharap, kedepan Waduk Jatigede menjadi kawasan ekonomi khusus serta menjadi kawasan unggulan di berbagai sektor di Kabupaten Sumedang.   

“Waduk Jatigede nantinya bisa menjadi tempat olahraga air, perikanan dan wisata yang secara langsung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya dan Pemerintah Kabupaten Sumedang umumnya,” katanya.

Menurut Eka, air memiliki fungsi mendasar baik untuk saat ini maupun untuk dimasa mendatang dalam upaya untuk kehidupan hajat masyarakat.

“Pemanfaatan air sangat penting oleh karenanya kita harus mampu menjaganya dari kerusakan baik dengan melakukan penghijauan di sekitar bendungan maupun DAS serta mengajak masyarakat untuk turut menjaganya,” ujarnya. (Parno)