"Laporan Ketua panitia pada Seminar Sehari dengan Tema : Solusi Pengendalian Banjir Citarum"

Banjir di Wilayah Bandung dan sekitarnya dari segi pandangan hidrologis penyebab utamanya adalah terjadinya erosi dan pencemaran sungai sebagai akibat perubahan pemanfaatan lahan DAS Citarum. Sehingga pada saat hujan yang berintensitas tinggi serta durasi relatif lama, sebagian ruas palung sungai Citarum dan anak-anak sungainya tidak dapat menampung volume air yang mengalir dipermukaan.

Saat ini juga telah menjadi permasalahan serius bagi Pemerintah dan warga. Bencana banjir hampir selalu terjadi setiap kali wilayah Bandung diguyur hujan berintensitas tinggi, akibat melupanya Sungai Citarum.

Menyikapi permasalahan tersebut, Masyarakat Hidrologi Indonesia (MHI) selaku forum pemerhati hidrologi memandang perlu menyelenggarakan seminar guna menggali gagasan dan pemikiran yang menghasilkan pengelolaan dan teknologi "smart" yang nantinya dapat menjadi rekomendasi dan pada akhirnya menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan banjir di Bandung dan sekitarnya. Masyarakat Hidrologi Indonesia (MHI) bekerja sama dengan BBWS Citarum dan Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat mengadakan Seminar Sehari dengan Tema : Solusi Pengendalian Banjir Citarum yang dilaksanakan pada hari Selasa, 15 November 2016 bertempat di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung.

Adapun keynote speaker pada seminar ini yaitu Bapak Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat) dan dihadiri pula pemakalah diantaranya yaitu Kepala BBWS Citarum (Konsep Penanganan Makro Pengendalian Banjir Citarum), Kepala Puslitbang SDA (Karakteristik Aliran Sungai Citarum), Kepala BPDAS Citarum Ciliwung (Kegiatan REhabilitasi Hutan dan Lahan Sebagai Uaya Menuju DAS Citarum Bebas Banjir), Kepala BMKG (Perubahan Pola Hujan Ekstrim Wilayah Jawa Barat Terkait DAS Citarum), Kapusbang SDA ITB (Rekayasa Teknologi dalam Penanganan Banjir Citarum), dan Kepala Puslitbang AT dan GTL (Pengelolaan Air Tanah Dalam Upaya Pengendalian Penurunan Muka Tanah).

Foto selengkapnya